Pelatihan Teknis Bidang Kesehatan Bagi Kepala Dinas Kesehatan

Selamat Datang Peserta Pelatihan Teknis Bagi Kepala Dinas Kesehatan

Saat ini Anda telah bergabung dengan kelas belajar jarak jauh Pelatihan Teknis Kesehatan Bagi Kepala Dinas Kesehatan. Ada 3 Jenis proses pembelajaran pada pelatihan ini, yaitu online, in Class dan On The Job Learning (OJL). Tahapan dari Pembelajaran ini sebanyak 4 tahap yaitu,

1.online dibuka selama 3 minggu (19 Oktober 2018 s.d. 09 November 2018). Untuk dapat mengikuti tahap 2, peserta harus lulus pembelajaran pada tahap 1Peserta mengupload Rancangan Rencana Aksi, kemudian direviuw oleh tutor dan perbaikan Rancangan di upload kembali

2. In Class selama 4 hari efektif (13 November 2018 s.d. 16 November 2018).  Pelaksanaan pelatihan di BBPK terdekat sesuai wilayah peserta pelatihan yang terdiri dari 3 region, yaitu Region Barat di BBPK Jakarta, Region Tengah di BBPK Ciloto dan Region Timur di BBPK Makasar. Daftar nama tempat pelatihan akan di tentukan kemudian oleh panitia. Peserta membawa data masing masing berupa Rekap Indeks Keluarga Sehat (IKS) Kabupaten/ Kota masing masing, profil Kab/kota,, dan data lainnya yang mendukung situasi kesehatan di wilayah kerjanya. Peserta akan belajar secara kelompok dan masing masing kelompok difasilitasi oleh 5-6 fasilitator untuk mematangkan Draft Rancangan Rencana Aksi yang telah dibuat pada tahap 1.

3. On the job Learning (OJL)  selama 2 minggu (19 November 2018 s.d. 2 Desember 2018). Peserta akan melakukan kegiatan pengaplikasian Rencana Aksi yang telah dibuat, dengan melakukan studi kasus dilapangan dan kegiatan ini dilaporkan setiap minggu di akun masing-masing.

4. In Class selama 2 hari efektif (04 Desember 2018 s.d. 05 Desember 2018). Peserta akan memaparkan/sidang mempertahankan Rancangan Rencana Aksinya yang telah dimatangkan pada tahap sebelumnya.

Pada pelatihan ini  terdapat 3 materi dasar, 14 materi inti dan 3 Materi Penunjang.  Untuk materi yang di-online kan,  disajikan dalam beberapa bentuk media pembelajaran (teks, gambar, video, audio). Apabila Anda mengalami kesulitan mengakses beberapa media pembelajaran terutama yang berbasis multimedia, Anda tidak perlu khawatir, karena semua materi sudah tersedia pada modul teks.

Peserta yang sudah bergabung pada kelas online ini wajib mengikuti seluruh tahapan proses pembelajaran karena kelulusan pada tahap online akan menentukan keikutsertaannya pada In Class. Dari sejumlah peserta yang mengikuti kelas online, akan dipilih sebanyak 90 besar berdasarkan hasil penilaian dari online untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya .

Untuk Peserta yang lulus online namun tidak masuk 90 besar maka akan dilatih ditahun yang akan datang dengan sumber dana dari kabupaten/kota masing masing.

Peserta wajib membaca penjadwalan yang sudah disusun agar dapat mengikuti kelas online secara tepat waktu dan sesuai dengan urutan materi.

PENGUMUMAN PENTING

Download ROADMAP TAHAP III ON THE JOB LEARNING (OJL) PELATIHAN TEKNIS KESEHATAN BAGI KADINKES DI KAB/KOTA TAHUN 2018

DOWNLOAD PERSIAPAN MENGIKUTI INCLASS TAHAP IV  TANGGAL 4 S.D 6 DESEMBER 2018 (UJIAN SEMINAR RENCANA AKSI DISAIN INTERVENSI KESEHATAN BASIS WILAYAH)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Post Test

Materi Dasar 1

Sistem Pemerintahan Daerah dan Desentralisasi Bidang Kesehatan

Materi Dasar 2

Sistem Kesehatan Nasional

Materi Dasar 3

Kebijakan Pembangunan Kesehatan dan Isu Kesehatan Global

Materi Inti 1

Hukum Kesehatan dan Etika Kesehatan Masyarakat

Materi Inti 2

Perumahsakita

Materi Inti 3

Strategi Upaya Kesehatan Masyarakat

Materi Inti 4

Strategi Pengembangan SDMK

Materi Inti 5

Strategi Kebijakan Pelayanan Kesehatan

Materi Inti 6

Strategi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Materi Inti 7

Strategi Pelayanan Kefarmasian dan Alkes

Materi Inti 8

Strategi Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat & Promosi Kesehatan

 

Materi Inti 9

Perumusan Kebijakan Program Kesehatan dengan Pendekatan Keluarga

Materi Inti 10

Penganggaran dan Pembiayaan Daerah

Materi Inti 11

Pelayanan Publik bidang kesehatan

Materi Inti 12

Standar Pelayanan Minimal

Materi Inti 13

Faktor Determinan penentu kesehatan

Materi Inti 14

Desain program intervensi untuk masalah kesehatan di wilayah kerjanya berdasarkan hasil analisis

Materi Penunjang

Anti Korupsi

======================================================================================================================================

Ujian Komprehensif

Ujian Komprehensif

Last modified: Wednesday, 28 November 2018, 4:16 PM